Sabtu, 19 November 2011

SEJARAH WINDOWS XP


Sejarah Windows XP, lahir pada awalnya juga tidak lepas dari persaingannya dengan raksasa lainnya yang bergerak dibidang teknologi, yaitu Macintosh. Oleh karena itulah, perkembangan dan tahap demi tahap dilakukan Windows, sehingga terbentuklah Windows XP.

Awal kelahiran pertama Windows dari Microsoft diberi nama Windows 1.0. Peluncuran ini dilakukan pada tahun 1985. Dibalik semua itu Windows 1.0 tidak memiliki sesuatu yang istimewa, dan memiliki banyak kelemahan. Oleh karena itulah pada tahun 1987 Mocrosoft kembali melakukan invasi dan mengeluarkan Windows terbarunya yang diberi nama Windows 2.0.

Windows ini cukup popular di kalangan pengguna teknologi pada masa itu. Kemampuan grafisnya jauh lebih baik dari Windows 1.0, selain itu beberapa tampilan dari Microsoft Word ataupu Exel juga mampu berjalan lebih baik.

Mocrosoft Windows akhirnya bisa dibilang meneguk kesuksesan pada saat mengeluarkan varian terbarunya yang di beri nama Windows 3.0. Windows ini diluncurkan pada awal tahun 1990. Selain mampu memberikan inovasi terbaru, Windows ini juga mampu mengajak pengguna untuk menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan dalam MS- Dos pada Microsoft.

Hal inilah yang belum ditemui pada saat Microsoft menggunakan Windows 1.0 atau juga 2.0. Sistem operasi Windows 3.0 ini pada saat itu dapat bejalan pada beberapa bagian, seperti Real Modus, Modus Standar, serta sebuah Modus yang diberi nama 386 Enhanced.

Pengembangan pun terus dilakukan sampai pada akhirnya Microsoft menelurkan Waindows 3.0. Dalam perkembangan dan inovasi yang terus dilakukan ternyata Microsoft  punya senjata baru dalam Microsoft Windows 3.1 yang diberi judul Windows For Group dan juga Windows NT.
Pada saat itu pula muncul 2 sikap yang berbeda, yakni penggunaan Windows 3.1 hanya digolongkan untuk pemegang computer secara personal atau Windows NT yang ditujukan untuk para pengguna komputer di kantoran.

Setelah itu mulailah bermunculan beberapa versi Windows lainnya yang diantaranya adalah Windows 95, Windows NT 4.0. Salah satu peningkatan, unggulan dan kualitas yang ada pada Windows NT dibuat meningkat, dan jauh lebih baik dari sebelumnya yang hanya memiliki kemampuan sebesar 16 bit menjadi 32 bit.

Pada pertengahan 1998, Microsoft merilis Windows yang diberi nama Windowss 98. Tampilannya dianggap lebih baik dari pendahulunya. Sementara itu belum cukup setahun, pada pertengahan 1999, Windows kembali meluncurkan Windows 98 Second Edition. Hal ini dilakukan untuk memberikan warna baru agar beberapa fitur terasa lebih nyaman.
Hal ini terlihat pada Internet Connection Sharing yang membuat para pengguna dapat menggunakan satu jalur koneksi Internet secara bersama – sama dengan baik. Pada 2000, Windows kwmbali meluncurkan produk barunya dengan nama Windows 20000.

Fitur yang menarik dari besutan terbaru Windows ini menampilkan Active Directory yang mampu mengembangkan jaringan yang menggunakan standar teknologi pada perusahaan. Hal ini bisa terlihat seperti DNS, LDAP yang mampu menghubungkan sebuah mesin ke mesin lainnya.

Tentunya yang paling menjadi pusat perhatian adalah kehadiranWindows XP. Windows XP adalah sebuah inovasi. Microsoft menyatukan pengambangan pada Windows XP 5.1. Pengambangan yang dilakukan pada edisi ini bisa dibilang pada tampilan antarmuka yang dihubungkan kemana saja.

Tak hanya itu saja, Windows XP juga merilis beberapa versi mereka agar dapat dinikmat oleh para user seperti : Windows XP Home Edition, Windows XP Professional Edition, Windows XP Media Center Edition, Windows XP Tablet PC Edition, Windows XP Professional X64 Edition, Windows XP Professional 64-bit Edition for Itanium, dan Windows XP Starter Edition.
Selanjutnya Windows mengembangkan kembali produk Windowsnya dengan sebutan Windows Vista. Tampilan yang menarik dari Windows Vista, seperti tampilan home screen dan menu start yang menarik pada tampilan antarmuka. Selanjutnya seperti yang kita ketahui pada tahun 2008 yang lalu, Windows kembali meluncurkan varian barunya yang diberi nama Windows 7.

Pada perkembangan sejarah Windows yang selanjutnya, Windows 7 mampu mencatatkan penjualan yang terbaik. Selain itu, pengembangan Windows tidak saja hanya meliputi pada program computer atau laptop, tapi juga merambah pada penggunaan Windows pada sebuah ponsel pintar.

1 komentar: